Kenapa Saya Tidak Mengganti Domain Blogspot Menjadi TLD

Beberapa alasan saya tidak mengganti domain blogspot menjadi domain tld seperti contohnya dot com dan lainya, salah satunya karena domain blogspot lebih diutamakan oleh google.
Ada beberapa alasan yang menguatkan saya untuk tidak mengganti domain, blogspot bawaan platfrom blogger menjadi domain tld seperti contohnya dot com, dot net dan Top Lavel Domain lainya

Salah satunya iyalah karena blogspot lebih diutamakan oleh google, itu adalah kata-kata kutipan yang saya dapat dari salah satu blog ternama di google. Dan saya mempercayai hal tersebut, buktinya banyak juga blog yang menggunakan domain bawaan platfrom yang muncul di page one

Di artikel ini saya akan sedikit bercurhat, bukan menuliskan tutorial melainkan mendokumentasikan opini tentang blogspot dan tld

TLD adalah singkatan dari Top Lavel Domain yang artinya memendekkan nama atau alamat domain, yang awalnya terlampir domain tambhan dari platfrom blogger maupun wprdpress. Dengan menggantinya menjadi tld maka tambahan platfom tersebut akan di hilangkan

Contohnya :

  • ketikide.blogspot. com menjadi ketikide. com, ketikide. net, ketikide, web.id dll.
  • ketikide.worpress. com menjadi ketikide. net, ketikide. com, ketikide. xyz dll.

Itulah yang namanya mengganti domain bawaan platfrom menjadi TLD, bahasa umunya costum domain ke tld

Dan inilah alsan saya tetap mempertahankan blogspot


Yang paling utama bukan karena saya tidak mampu untuk membeli TLD, sudah 4 blog saya yang lainya menggunakan Top Lavel Domain dan di blog ini saatnya saya mempertahankan brand dari blogger hehe

1. Membeli Domain
Seperti yang saya katakan diatas bukan karena tidak mampu, akan tetapi karena ribet setelah membeli kita diharuskan untuk memasang (costum) dari setting blogger ke setting tempat kita membeli domain, supaya TLD dapat kita gunakan

Dan biasanya setelah kita melakukan pembelian harus menunggu berebrapa saat hingga domain diaktifkan dan siap untuk di costum

Top lavel domain yang telah kita beli hanya aktif dalam jangkan waktu beberapa tahun tertentu (tergantung berapa tahun Anda membelinya) setelah waktu yang ditentukan habis Anda harus membayarnya sebelum domain di non aktifkan

Berbeda dengan blogspot sampai kapanpun akan tetap aman untuk digunakan, kita tidak perlu khawatir akan habis masa aktif

Mengganti Domain Blogspot Menjadi TLD
Kenapa Saya Tidak Mengganti Domain Blogspot Menjadi TLD

2. Tidak mau kehilangan trafik
Siapa yang mau trafik pengunjung blognya menurun ? pasti tidak ada kan, dan ini pasti akan terjadi apabila Anda selesai memindahkan blogspot atau worpress ke tld

Butuh waktu beberapa minggu bahkan beberapa bulan untuk memulihkan trafik yang dulu sudah banyak, ini fakta yang pernah saya alami

3. Blog menjadi baru
Setelah melakukan costum blog akan menjadi baru seperti pertama kali dibuat, dan tugas yang wajib dilakukan adalah melakukan submit ulang ke webmaster tolls, supaya blog dan artikel baru maupun lama diindex ulang

Dan inilah proses yang disayangkan artikel yang dulunya sudah terindex sekarang harus terindex ulang

Waktu yang tepat untuk mengganti domain


Di atas itu adalah 3 hal yang saya percayai akan terjadi setelah mengganti blogspot ke tld, dan waktu yang tepat menurut saya apabila Anda ingin melakukan costum domain adalah pada saat blog baru dibuat, jadi Anda tidak memerlukan submit url dua kali. Dan Anda tidak akan kehilangan trafik yang sudah didapat

Baca disini : Kelebihan dan kekurangan domain blogspot + TLD

Satu hal yang saya rasakan selama memegang blogspot yaitu tidak PD, saya tidak pd dan tidak berani share artikel saya sendiri ke sosial media takut dibuly hehe... sekarang banyak pembuly dan berangapan domain bawaan platfrom tidak profesional, disitulah saya memberanikan diri untuk tertawa sekaligus terpaksa hanya mengandalkan pengunjung dari search google

Itulah celotehan opini tentang kenapa saya lebih menyukai blogspot ketimbang melakukan costum ke tld, semoga dapat menghibur, happy bloging